Mengapa Beberapa Orang Menyebut Sepak Bola “Soccer”?

Mengapa Beberapa Orang Menyebut Sepak Bola "Soccer"?

Salah satu perbedaan paling terkenal antara bahasa Inggris Inggris dan Amerika adalah fakta bahwa olahraga yang dikenal sebagai sepak bola di Inggris Raya biasanya disebut sepak bola di Amerika Serikat. Karena olahraga ini berasal dari Inggris, sering diasumsikan bahwa sepak bola adalah Amerikanisme. Sebenarnya, kata tersebut sepenuhnya berasal dari Inggris. Jadi mengapa orang Amerika (belum lagi orang Kanada, Australia, dan lainnya) lebih cenderung menggunakan kata itu daripada orang Inggris? Jawabannya terletak pada bagaimana olahraga itu berkembang di masing-masing negara.

Meskipun permainan jenis sepak bola telah ada selama berabad-abad, olahraga yang kita kenal sekarang sering dikatakan dimulai pada tahun 1863, ketika Asosiasi Sepak Bola Inggris yang baru dibentuk menuliskan seperangkat aturan. Pada saat itu, itu adalah permainan yang paling banyak dimainkan dari jenisnya di negara ini, tetapi itu bukan satu-satunya. Sepak bola rugbi, dinamai dari sebuah sekolah asrama Inggris, adalah variasi yang memungkinkan pemain membawa dan berlari dengan bola untuk memajukannya ke arah gawang. Permainan yang dimainkan di bawah aturan Asosiasi Sepak Bola kemudian dikenal sebagai sepak bola asosiasi.

Mau tidak mau, nama-nama itu akan dipersingkat. Mahasiswa yang kreatif secara linguistik di Universitas Oxford pada tahun 1880-an membedakan antara olahraga “rugger” (sepak bola rugby) dan “assoccer” (sepak bola asosiasi). Istilah yang terakhir ini selanjutnya disingkat menjadi “soccer” (kadang-kadang dieja “socker”), dan nama itu dengan cepat menyebar ke luar kampus. Namun, “sepak bola” tidak pernah menjadi lebih dari sekadar nama panggilan di Inggris Raya. Pada abad ke-20, sepak bola rugby lebih sering disebut rugby, sementara sepak bola asosiasi mendapat hak untuk dikenal sebagai sepak bola biasa.

Mengapa Beberapa Orang Menyebut Sepak Bola "Soccer"?

Sementara itu, di Amerika Serikat, sebuah olahraga muncul pada akhir abad ke-19 yang meminjam unsur rugby dan sepak bola asosiasi. Tak lama, itu terbukti lebih populer daripada salah satu dari mereka. Secara keseluruhan, itu dikenal sebagai sepak bola lapangan hijau, tetapi kebanyakan orang tidak pernah peduli dengan kata pertama. Akibatnya, para pemain sepak bola asosiasi Amerika semakin mengadopsi sepak bola untuk merujuk pada olahraga mereka.

Asosiasi Sepak Bola Amerika Serikat, yang dibentuk pada tahun 1910-an sebagai badan penyelenggara resmi permainan situs judi slot, mengubah namanya menjadi Asosiasi Sepak Bola Amerika Serikat pada tahun 1945, dan kemudian ditiadakan dengan “Sepak Bola” sama sekali. Bukan lagi sekedar julukan, sepak bola pun mencuat.

Negara-negara lain di mana kata sepak bola umum termasuk negara-negara yang, seperti Amerika Serikat, memiliki bentuk sepakbola yang bersaing. Misalnya, Kanada memiliki versi sepakbola lapangan hijaunya sendiri; Irlandia adalah rumah bagi sepak bola Gaelik; dan Australia tergila-gila dengan peraturan sepak bola Australia (yang berasal dari rugby). Di tempat-tempat di mana sepak bola bisa menjadi ambigu, sepak bola sangat berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.